17:00
0

10 Tips mengatasi mendengkur, tips mengatasi ngorok cara menghilangkan kebiasaan mendengkur, ngorok
Cara Mengatasi Mendengkur
Mendengkur atau ngorok banyak dialami oleh orang pada umumnya. Kebanyakan orang hanya menganggap mendengkur sebagai kekurangan saat tidur yang memang sebuah bawaan dan bukan akibat dari sesuatu yang salah. Padahal mendengkur diakibatkan dari berbagai hal dan dapat menyebabkan dampak buruk pada diri kita sendiri.
Selain itu, ketika kita dihadapkan dengan kondisi tidur yang mengharuskan berdekatan dengan orang lain, mendengkur dapat menyebabkan orang lain terganggu dan membuat kesan "risih" pada diri kita.
Berikut admin berikan Tips Mengatasi Mendengkur yang patut anda coba untuk menghilangkan kebiasaan buruk anda:
Pola Hidup Sehat

1. Hindari Minum Alkohol
Alkohol dapat mengurangi kinerja otot bagian belakang tenggorokan anda. Berkurangnya kekuatatan pada otot bagian belakang dapat menyebabkan pengenduran yang menimbulkan munculnya bunyi dengkuran. Survei membuktikan bahwa meminum alkohol 4-5 jam sebelum tidur dapat menyebabkan dengkuran menjadi lebih keras. Alkohol juga dapat menyebabkan tidur anda tidak rileks
2. Kurangi Merokok
Merokok dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan anda. Salah satunya adalah semakin menyempitnya saluran pernafasan anda yang dapat menyebabkan timbulnya suara dengkuran.
3. Minum Air Putih
Kekurangan mmengkonsumsi air putih akan menyebabkan cairan yang ada di tenggorokan anda mengental. Sehingga akan timbul lendir-lendir yang dapat menganggu saluran pernafasan anda. Mengkonsumsi air putih yang banyak akan membantu menghilangkan kebiasaan mendengkur anda
4. Berolahraga
Olahraga 30 menit sehari akan melancarkan peredaran anda dan membuat sirkulasi metabolisme pada tubuh anda akan menjadi lancar. Olahraga akan membantu menghindari kebiasaan mendengkur anda.
5. Mengurangi berat badan.
Berat badan yang tinggi akan menyebabkan timbulnya sumbatan pada saluran pernafasan anda yang mengakibatkan saluran pernafasan anda semakin menyempit. Menyempitnya saluran pernafasan inilah yang menyebabkan timbulnya kebiasaan mendengkur.
Olahraga 30 menit sehari akan melancarkan peredaran anda dan membuat sirkulasi metabolisme pada tubuh anda akan menjadi lancar. Olahraga akan membantu menghindari kebiasaan mendengkur anda.
Olahraga secara teratur

6. Ubah posisi tidur anda
Amati posisi tidur anda ketika mendengkur dengan meminta bantuan teman atau kerabat. Coba ubah posisi tidur anda dengan posisi tidur yang lain dan amati sekali lagi. Mungkin juga kebiasaan mendengkur anda diakibatkan oleh kebiasaan posisi tidur yang salah. Cobalah posisi dengan memperhatikan agar aliran pernafasan anda nyaman dan lancar.
7. Memakai Bantal Tambahan
Tambahkan bantal atau tambahan lain pada bantal anda, sehingga posisi kepala anda lebih tinggi. Ini akan membuat saluran pernapasan anda lancar.
8. Menghirup uap air
Sebelum tidur masaklah air, kemudian uap yang keluar hiruplah dalam2. Uap air ini akan mengurangi sumbatan-sumbatan pada tenggorokan dan hidung anda.
9. Cukup Tidur
Bekerja dalam waktu lama dan tidur dalam waktu yang singkat membuat Anda merasa kelelahan saat tidur dan akhirnya memicu mendengkur. Menurut Slaughter, saat Anda terlelap dengan rasa lelah, otot tubuh tidak bekerja secara baik sehingga menyebabkan dengkuran.
10. Mengganti Sarung Bantal
Alergi yang diakibatkan debu dan kotoran yang menempel di bantal dapat menyebabkan Anda mendengkur. Untuk itu, jagalah kebersihan bantal Anda dengan sering mengganti sarung bantal dan mencucinya secara rutin.
11. Mandi Hangat
Jika hidung tersumbat karena hawa dingin ataupun sedang flu, pergantian udara yang bergerak cepat dapat memicu dengkuran. Untuk mengatasinya, mandilah dengan air panas sebelum tidur dan bersihkanlah hidung.


0 komentar:

Post a Comment